APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN BERBASIS ANDROID PADA SDN 08 RANDUDONGKAL

ANDROID-BASED AUGMENTED REALITY APPLICATION FOR ANIMAL RECOGNITION AT SDN 08 RANDUDONGKAL

Authors

  • HENY INDRIANI POLITEKNIK PURBAYA

DOI:

https://doi.org/10.70888/sitedi.v1i02.40

Keywords:

Augmented Reality (AR), Aplikasi, Multimedia, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Penelitian ini menghadirkan sebuah aplikasi augmented reality (AR) berbasis Android untuk pengenalan hewan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 08 Randudongkal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah aplikasi yang menarik dan interaktif untuk membantu siswa SD dalam mengenal berbagai jenis hewan dengan menggunakan teknologi augmented reality. Metodologi pengembangan multimedia, khususnya AR, digunakan sebagai kerangka dasar dalam merancang aplikasi ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi AR dalam pengenalan hewan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Anak-anak dapat secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif. Aplikasi ini juga dapat menjadi salah satu sumber informasi yang menarik bagi siswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di sekolah.

References

Engkus Wiguna, Iksal Rachman, Sulistyono, "Aplikasi Pengenalana Nama- nama Dan Jenis Hewan Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android," ProTekInfo Vol. 7, pp. 17-21, 2020.

Rida Alifah, Dyah Ayu Megawaty, Muhammad Najib Dwi Satria, “Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Koleksi Kain Tapis,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) Vol. 2, No. 2, pp. 1-7, 2021.

Aditya Fajar Ramadhan, Ade Dwi Putra, Ade Surahman, “Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (AR),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) Vol. 2, No. 2, pp. 24-31, 2021.

Yogi Septian Nauko, Lanto Ningrayati Amali, “Pengenalan Anatomi Tubuh Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” JAMBURA JOURNAL OF INFORMATICS Vol. 3, No. 2, pp. 67-76, 2021.

Fauziah, Andy Kurnia Arrifqie, “Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Hewan Berbasis Android Menggunakan Unity 3D,” JEJARING (Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika) Volume 7 Nomor 1, pp. 10-16, 2022.

Azuma, Ronald T. “A Survey of Augmented Reality, Presence”, vol 6, 355 –385. 1997.

Amin, D., and Govilkar,S., “Comparative Study of Augmented Reality SDK’s”, International Journal on Computational Sciences & Applications (IJCSA), New Panvel,India. 2015.

Munir. 2015:2. Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Alfabeta: Bandung (Teknojurnal.com 2018: 4 diakses pada jam 16:32)

Downloads

Published

2024-12-14